KISI-KISI DAN SOAL UJIAN PRAKTIK



MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


















OLEH
SUWARTO, S.Pd.
ERNA IRIANINGSIH, S.Pd.




SMP NEGERI 2 JATIROTO
WONOGIRI
2014


A.       KISI-KISI SOAL UJIAN PRAKTIK

KISI-KISI SOAL UJIAN PRAKTIK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
1
8
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek (cerpen)
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Penugasan kelompok
Proyek
Tulislah cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah kamu alami dengan langkah: datalah peristiwa yang pernah kamu alami, pilihlah satu peristiwa yang berkonflik, tentukan alur cerita, kembangkan menjadi sebuah cerpen, dan suntinglah cerpen itu!
2
16
Menulis naskah drama                       
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibuat
Mampu menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang dibuat
Penugasan kelompok
Proyek
Susunlah satu naskah drama berdasarkan cerita pendek yang sudah kamu buat, kemudian suntinglah naskah drama itu!
                                                                                

B.     NASKAH SOAL
SMP NEGERI 2 JATIROTO
UJIAN PRAKTIK
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


NASKAH SOAL
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Indonesia          
Hari, tanggal                      :    
Waktu                               :     120 menit                              

1.      Buatlah bersama kelompokmu karya sastra berupa:
a.       Cerita pendek dengan panjang karangan minimal 300 kata atau dua lembar halaman kuarto (A4)!
b.      Buatlah naskah drama berdasarkan cerita pendek yang kamu buat!


C.       PEDOMAN PENSKORAN dan NILAI AKHIR
I.         CERPEN
No
Aspek
Deskriptor
SKOR
Rentang
Maks.
1
Keaslian ide dan kreatifitas
Menyusun cerpen dengan memperhatikan keaslian ide dan kreatifitas

10
a. Asli
6-10
b. Tidak asli
1-5
2
Tema, tokoh, latar, dan alur
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah dalam cerpen

10
a. Baik
8-10
b. Kurang baik
4-7
c. Tidak baik
1-3
3
Gaya bahasa
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah cerpen dengan memperhatikan gaya bahasa yang menarik

10
a. Menarik
8-10
b. Kurang menarik
4-7
c. Tidak menarik
1-3
4
Keruntutan dan kesatuan unsur
Mengembangkan tema, tokoh, latar, dan alur dalam sebuah cerpen dengan memperhatikan keruntutan dan kesatuan antar unsur

10
a. Runtut
8-10
b. Kurang runtut
4-7
c. Tidak runtut
1-3
5
Kaidah penulisan
Menulis cerpen dengan memperhatikan ejaan, tanda baca dan kaidah penulisan sesuai EYD

10
a. Sesuai
8-10
b. Kurang sesuai
4-7
c. Tidak sesuai
1-3
 Jumlah skor maksimal
50


II.       NASKAH DRAMA
No
Aspek
Deskriptor
SKOR
Rentang
Maks.
1
Unsur-unsur drama
Memuat 5 unsur naskah drama (prolog, bagian narasi, tokoh, dialog, epilog) ditulis lengkap
17-20
 20
Ada 4 unsur naskah drama yang ditulis
13-16
Ada 3 unsur naskah drama  yang ditulis
9-12
Ada 2 unsur naskah drama yang ditulis
5-8
Ada 1 unsur naskah drama yang ditulis
1-4
Tidak ada unsur drama yang ditulis
0
2
Kesesuaian naskah drama dengan cerpen
Naskah drama ditulis sesuai dengan peristiwa dalam cerpen yang dibuat
11-15
 15
Sebagain kecil naskah tidak sesuai dengan peristiwa dalam cerpen yang dibuat
6-10
Sebagian besar naskah drama tidak sesuai dengan peristiwa dalam cerpen yang dibuat
1-5
Naskah drama yang ditulis tidak sesuai dengan peristiwa dalam cerpen yang dibuat
0
3
Ejaan dan tanda baca
Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
11-15
 15
Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
6-10
Sebagian besar penulisan ejaan dan tanda baca salah
1-5
Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua
0
Jumlah Skor Maksimum
50
Jumlah Total Skor Maksimum soal 1 dan 2
100

Perhitungan Nilai akhir

Nilai akhir  =  (Skor yang diperoleh I + II)
   
                                                                       




C.     TATA CARA PENYUSUNAN KARYA SASTRA

PETUNJUK KHUSUS

1.      Karya sastra (cerpen dan naskah drama) merupakan tugas kelompok
a.       Tiap kelompok terdiri atas 5-6 siswa dalam satu kelas
b.      Tiap anggota kelompok mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama
2.      Naskah diketik dalam kertas kuarto (A4) dengan ketentuan:
a.       Margin atas 4cm, kiri 4cm, bawah 3cm, kanan 3cm
b.      Jenis huruf: Times New Roman 12pt
c.       Judul di tebalkan (bold)
d.      Spasi (line spacing) 1.5
3.      Cerpen:
a.       Naskah asli karya kelompok
b.      Panjang cerpen minimal 300 kata atau 2 halaman
c.       Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
d.      Judul, tema, tokoh, latar, dan alur runtut dan merupakan kesatuan makna
4.      Naskah drama
a.       Naskah asli karya kelompok
b.      Memuat prolog, bagian narasi, tokoh, dialog, epilog
c.       Tema, tokoh, latar, alur naskah drama berasal dari cerpen yang dibuat
d.      Menggunakan bahasa Idonesia yang baik dan benar
5.      Pengumpulan karya sastra
a.       Dikumpulkan dalam bentuk:
a.1.   hardcopy (dicetak) dan dijilid dengan cover warna kuning
a.2.   softcopy (file) dalam bentuk compact disc/cd, (1 kelas 1 cd, berisi karya seluruh kelompok dalam kelas tersebut) atau dikirim lewat surel / email:
         www. george_swart55@ymail.com
b.      Jadwal pengumpulan sesuai dengan jadwal ujian praktik mata pelajaran bahasa Indonesia
6.      Sistematika penulisan:
a.       Halaman judul
b.      Surat Pernyataan
c.       Naskah cerita pendek
d.      Naskah drama
7.      Ketentuan umum dan lain-lain bisa diunduh di http://smpnegeri2jatiroto.blogspot.com
8.      Lampiran-lampiran:
a.       Lampiran 1: contoh sampul
b.      Lampiran 2: contoh surat pernyataan
c.       Lampiran 3: contoh cerita pendek
d.      Lampiran 4: contoh naskah drama



Lampiran 1: Contoh Sampul
 


ESPENERO BERKABUT KELUD
(Sebuah Cerita Pendek dan Naskah Drama)

 Karya Sastra






Disusun sebagai Tugas Akhir Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran 2013/2014
SMP Negeri 2 Jatiroto

Oleh

1.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …
2.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …
3.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …
4.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …
5.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …
6.    Nama siswa                         NIS……         Kelas …



SMP NEGERI 2 JATIROTO
WONOGIRI
2014

                                                                                      

                                          



Lampiran 2: Contoh Surat Pernyataan
 


SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, Saya:
1.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
2.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
3.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
4.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
5.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
6.      Nama Siswa                                         NIS ……            Kelas IX …
Menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa:
1.      Karya sastra berjudul ESPENERO BERKABUT KELUD (sebuah cerita pendek dan naskah drama) adalah betul-betul karya kelompok saya sendiri.
2.      Mengizinkan SMP Negeri 2 Jatiroto untuk menyimpan, menggandakan, dan mempublikasikan sebagian atau seluruhnya karya tersebut untuk kepentingan pendidikan.
Apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
                                                                                   
                                                                 Jatiroto, …. Maret 2014
                                                                 Yang membuat pernyataan,

1.         …………………………     ………………………….
2.         …………………………     ………………………….
3.         …………………………     ………………………….
4.         …………………………     ………………………….
5.         …………………………     ………………………….
6.         …………………………     ………………………….



Lampiran 3: Contoh Cerpen
 


ESPENERO BERKABUT KELUD
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

                                                                                         
                                                                        Jatiroto, Maret 2014        










Lampiran 4: Contoh Naskah Drama
 



ESPENERO BERKABUT KELUD

Naskah drama harus memuat prolog, bagian narasi, tokoh, dialog, epilog. Prolog: pembukaan, kata pendahuluan. Bagian narasi: pengisahan suatu cerita. Tokoh: pemegang peran, pelaku. Dialog: percakapan antar tokoh. Epilog: bagian penutup karya sastra, berfungsi menyampaikan intisari cerita atau menafsirkan maksud karya itu pada akhir cerita. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
                                                                                         
                                                            Jatiroto, Maret 2014
»»  Read More...