JRBL INDONESIA | 28-Oct-2013
Ketika Spero Cewek Terlalu One Man Team
Menyerah di Tangan Espenero Wonogiri
TIM basket cewek SMPN 2 Solo (Spero) harus menanggung akibat terlalu bergantung pada sosok Sirilia Arum. Saat Arum kesulitan menembus defense lawan, keran poin Spero macet. Inilah yang terjadi saat Spero cewek bersua SMPN 2 Jatiroto Wonogiri (Espenero) di Sritex Arena, kemarin (27/10).

Ya, di game ini Spero memang terlalu bergantung pada sosok Arum. Hampir semua poin Spero lahir dari pemain berjersey 13 tersebut. Spero bahkan unggul terlebih dahulu di kuarter pertama dengan skor 6-2.

Kelelahan fisik membuat permainan Arum drop di kuarter selanjutnya. Perlahan, Espenero menyusul dan bebalik unggul 10-14 di kuarter dua. Spero kembali bangkit setelah jeda. Waktu istirahat yang cukup lama membuat Arum fresh kembali. Walhasil, Spero bisa unggul 20-18 di kuarter ketiga. PErmainan berjalan makin ketat di kuarter terakhir. Sayangnya, dewi fortuna lebih berpihak pada wakil Kota Gaplek.

Lima menit jelang berakhirnya pertandingan, Arum harus meninggalkan lapangan karena terkena foult out. Kondisi timpang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Espenero. Skuad asuhan Nur Satya Tri Utomo itu akhirnya memenangi game atas Spero dengan skor 31-24.

“Bagaimanapun, kekuatan lawan (Epspenero) sangat merata. Mereka bisa dengan gampang mengganti pemain. Dan itu yang sulit kita lakukan,” keluh manajer Spero Antonius Dwi Setyoko. “Tetapi anak-anak sudah berjuang dengam keras di lapangan. Dan usaha keras pemain harus kita hargai,” imbuhnya. Dikubu lawan, Pelatih Espenero Nur Satya Tri Utomo mengaku puas. Kunci kemenangan timnya adalah mematikan gerak Arum.

“Kita tadi awal-awalnya memang nervous. Itu karena suasana di Sritex Arena begitu ramai, anak-anak belum terbiasa dengan suasana seperti itu. Untungnya ini tidak berlanjut jadi beban,” terangnya. Sementara, satu-satunya wakil Karanganyar, tim cewek SMPN 2 Kebakkramat menjaga asa di kompetisi ini. Kemarin, SMPN 2 Kebakkramat mengalahkan SMP Widya Wacana 1 Solo (WW) dengan skor 22-7.

“Ini semua berkat permainan yang bagus dari anak-anak. Bicara soal target, sepertinya nanti dulu. Sebab langkah kita masih panjang dan lawan-lawannya juga hebathebat. Tim sendiri sebenarnya belum sempurna, terutama mental,” ungkap Manajer SMPN 2 Kebakkramat Puryanto.

Kemenangan juga dipetik tim cewek SMP Bintang Laut Solo (BL) dan SMP KK cewek. BL unggul 26-0 atas SMPN 10 Solo (Spulsura), 26-0. Sedangkan, KK cewek menang dari SMP Insan Cendikia 10-4.

“Saya tidak berbicara kita menang karena perbedaan kualitas pemain. Menurut saya, ini hanya soal mental. Setiap pertandingan pasti berat, dan beruntungnya kita bisa main bagus,” terangnya pelatih BL Daniel Harsono. (nik/fer)

Story Provided by Radar Solo